Jumat, 04 November 2011

Fungsi Keluarga

Pengertian Fungsi Keluarga
  Dalam kehidupan keluarga sering kita jumpai adanya pekerjaan-pekerjaan yang harus dilakukan. Suatu pekerjaan atau tugas yang harus dilakukan itu biasa disebut fungsi. Fungsi keluarga adalah suatu pekerjaan-pekerjaan atau tugas-tugas yang harus dilakukan didalam atau oleh keluarga tersebut.

 Macam-Macam Fungsi Keluarga
 Pekerjaan -pekerjaan yang harus dilakukan oleh keluarga itu digolongkan sebagai berikut yaitu:
a) Fungsi Biologis
b) Fungsi Pemeliharaan
c) Fungsi Ekonomi
d) Fungsi Keagamaan
e) Fungsi Sosial


a) Fungsi Biologis
 Dengan fungsi ini diharapkan agar keluarga dapat menyelenggarakan persiapan-persiapan perkawinan bagi anak-anaknya. Persiapan perkawinan yang perlu dilakukan oleh orang-orang tua bagi anak-anaknya dapat berbentuk antara lain pengetahuan tantang kehidupan sex bagi suami istri, pengetahuan mengatur rumah tangga bagi sang istri, tugas dan kewajiban bagi suami, memelihara pendidikan bagi anaak-anak dan lain-lain.
Dengan persiapan deperti ini dapat terbentuk keluarga yang harmonis dan berpengaruh baik bagi kehidupan bermasyarakat.

b) Fungsi Pemeliharaan
Keluarga diwajibkan untuk berusaha agar setiap anggotanya terlindung dari gangguan-gangguan sebagai berikut :
1) gangguan udara dengan berusaha menyediakan rumah;
2) gangguan penyakit denagan menyediakan obat-obatan;
3) gangguan bahaya dengan berusaha menyediakan senjata, pagar tembok dan lain-lain.

c) Fungsi Ekonomi
 Keluarga barusaha menyelenggarakan kebutuhan manusia yang pokok yaitu :
1) Kebutuhan makan dan minum
2) Kebutuhan pakaian untuk menutup tubuhnya
3) Kebutuhan tempat tinggal.


d) Fungsi Keagamaan
Dengan dasar pedoman ini keluarga diwajibkan untuk menjalani dan mendalami serta mengamalkan ajaran-ajaran agama dalam pelakunya sebagai manusia yang taqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa.

e) Fungsi Sosial
Dengan fungsi ini keluarga berusaha untuk mempersiapkan anak-anaknya bekal-bekal selengkapnya dengan memperkenalkan nilai-nilai dan sikap-sikap yang dianut oleh masyarakat serta mempelajari peranan-peranan yang diharapkan akan mereka jalankan kelak bila sudah dewasa yag disebut sosialisasi. Dalam fungsi ini juga harus ada pewarisan kebudayaan dan nilai-nilainya, misalnya : sopan santun, bahasa, cara bertingkah laku, ukuran tentang baik buruknya perbuatan dan lain-lain. Dengan melalui nasihat dan larangan, orang tua menyampaikan norma-norma hidup tertentu dalam bertingkah laku.


Menurut saya salah satu contoh fungsi keluarga yang sangat mempengaruhi hidup saya adalah
Fungsi Keagamaan


Mengapa?
karena dasarnya dimana manusia mengetahui tentang peraturan norma dan adat istiadat adalah agama,didalam agama kita diajari bagaimana kita harus selalu mengasihi sesama,membantu sesama yang sedang kesusahan.

dan mengapa saya lebih memilih Fungsi Keagamaan sebagai yang sangat mempengaruhi hidup saya?
karena sejak saya duduk di bangku sekolah dasar saya sudah di tanami tentang keagamaan,saya sejak SD sudah di sekolahi TPA disana saya diajari tentang keagamaan.
kemudian yang paling mempengaruhi adalah ketika saya masuk pesantren,disana saya jadi sangat mengerti tentang keagamaan paling penting dalam hidup ini.
karena tanpa agama manusia bisa menyalahi semuanya.
contohnya:
mengapa orang mencuri?,karena dia tidak mengetahui bahwa mencuri itu berdosa maka dengan seenaknya saja dia mencuri.


Dengan agama pula kita tahu mana yang salah dan mana yang benar,itulah pedoman yang saya pegang hingga saat ini.

0 komentar:

Posting Komentar