Jumat, 04 November 2011

Aktualisasi Diri

Pengertian aktualisasi diri adalah kebutuhan naluri manusia untuk melakukan yang terbaik bagi diri sendiri,dimana dia mendapat motivasi untuk melakuka yan terbaik.
sekarang saya akan cerita pengalaman saya tentang aktualisasi diri.
setelah saya lulus pesantren waktu masih kelas 3 smp saya mendapat berita yang membuat saya terpuruk hingga tak ada niat hidup bagi saya,sekolah pun saya tidak niat.
ketika sayang mulai kelas 1 SMK saya sekolah mungkin cuma seminggu sekali,sisanya saya bolos dan maei game di warnet,tak ada rasa bersalah pada waktu itu saya membuang duit sia-sia hanya untuk bermain diwarnet,sampai-sampai saya jual hp hanya untuk membeli voucher di warnet, setelah semester 1 saya ketahuan sama guru akhirnya dapet SP 1 dan orang tua saya dipanggil ke sekolah,orang tua saya sampai nangis-nangis didepan guru dan saya, beliau tidak menyangka mengapa saya sampai setega itu sama orang tua saya.
Setelah itu ada kejadian yang membuat saya sadar bahwa perbuatan saya itu salah,saya bertemu seorang perempuan yang mebuat saya semangat pada waktu itu sebut saja S namanya. Dia selalu menasihati saya bahwa apa gunanya hanya main game di warnet saja?,kamu sudah mengecewakan orang tua, membuang duit mereka hanya untuk main.
saya bebuat begitu hanya karena saya dulu begitu rapuh dan tak berdaya menghadapi masalah yang sangat berat hingga membuat saya tidak niat sekolah. tidak hanya dia yang menasihati saya waktu lebaran semua keluarga besar saya menasihati saya memarahi saya.
akhirnya setelah masuk kelas dua saya mulai sadar semua perkataan mereka,saya mulai rajin masuk megikuti setiap pelajaran dan praktek yang ada,yang mebuat saya semangat adalah IBU saya beliau adalah orang yang sangat tegar,sabar mungkin di dunia ini tidak ada orang yang setegar beliau,saya sangat bersyukur mempunyai orang tua seperti itu.
Waktu kelas 3 SMK dimana waktu UN sudah semakin dekat saya sudah jadi orang yang selalu semangat,tiap hari saya mengikuti les untuk dapat lulus UN dan SNMPTN.
begitu saya dapat kabar lulus pertama kali yang saya kabari adalah Ibu saya beliau nangis gembira karena saya telah berhasil menyelesaikan pendidikan SMK saya. setelah itu ada kejadian yang membuat saya lagi-lagi tepuruk saya dinyatakan tidak lulus SNMPTN saya merasa kecewa sekali waktu itu dan lagi-lagi membuat saya tidak semangat untuk melanjutkan kuliah.
Tetapi kemudian Ibu (biasa saya panggil mama) beliau memberi saya semangat,mama bilang "kuliah itu dimana saja bisa tinggal niat dari orangnya saja". mendengar kata-kata itu timbul lah semangat dalam diri saya dimana pun saya kuliah saya harus memberikan yang terbaik.
sekarang saya telah kuliah di Universitas Gunadarma semester 1 jurusan Teknik Informatika,jujur mungkin berat menjalaninya karena pelajaran yang sangat susah dan tugas yang sangat banyak, tetapi didalam hati saya sudah tertanam bahwa saya haru berhasil,lulus tepat waktu dan membahagiakan kedua orang tua saya. Sampai sekarang saya menjalani semuanya dengan ikhlas dengan semangat yang telah keluarga dan pacar saya berikan.
"cita-cita saya adalah membahagiakan kedua orang tua saya"
kata-kata itulah yang membuat saya semangat dan berbuat yang terbaik sampai sekarang ini.

sekian....

0 komentar:

Posting Komentar