Kamis, 14 November 2013

Texturing


Texture mapping adalah teknik shading untuk pengolahan gambar yang memetakan sebuah fungsi pada permukaan tiga dimensi dalam scene. Fungsi yang dipetakan mencakup satu dimensi, dua dimensi, dan tiga dimensi dan dapat digambarkan sebagai array atau fungsi matematika atau gambar.

Terdapat macam-macam texture mapping, yaitu :
  • Bump mapping untuk memperjelas karakteristik permukaan yang bergelombang
  • Transparency mapping untuk mengatur intensitas cahaya permukaan tembus pandang
  • Specularity mapping untuk mengubah kehalusan permukaan
  • Illumination maaping untuk memodelkan distribusi cahaya yang datang dari berbagai arah
Namun dari semua itu yang paling penting adalah Geometrical mapping, geometrical mapping secara keseluruhan ditentukan dengan dengan transformasi tiga dimensi terhadap kamera, tansformasi model yang menggambarkan geometri scene dan pemberian parameter pada permukaan dengan tujuan memetakan tekstur ke permukaan, ada 2 tahap yang harus dilakukan untuk memetakan teksture dari space ke screen space seperti :



0 komentar:

Posting Komentar