Rendering adalah suatu proses
yang di lakukan untuk menghasilkan citra yang lebih solid dari model yang telah
di bentuk.
Rendering merupakan salah satu
sub topik utama dalam 3D computer graphics. Dan pada prakteknya selalu
berhubungan dengan aspek-aspek yang lain. Seperti Graphic pipeline, yang
merupakan tahapan terakhir, memberikan tampilan akhir pada model dan animasi.
Rendering tidak hanya digunakan
pada game programming. Rendering juga sering digunakan untuk desain arsitektur,
simulator, movie atau juga spesial effect pada tayangan televisi, dan design
visualization. Setiap bidang tadi mempunyai perbedaan dalam keseimbangan antara
features dan tehnik dalam rendering. Terkadang rendering juga diintegrasikan
dengan model yang lebih besar, paket animasi, terkadang juga berdiri sendiri
dan juga terkadang free open-source product.
Dalam bidang 3D Graphics sendiri
rendering harus dilakukan secara cermat dan teliti. Maka dari itu terkadang
dilakukan pre rendering sebelum rendering dilaksanakan. Per rendering sendiri
adalah proses pengkomputeran secara intensif ,yang biasanya digunakan untuk
pembuatan film, menggunakan graphics card dan 3D hardware accelerator untuk
penggunaan real time rendering.
Rendering merupakan sebuah proses
untuk menghasilkan sebuah citra 2D dari data 3D. Prose ini bertujuan untuk
untuk memberikan visualisasi pada user mengenai data 3D tersebut melalui
monitor atau pencetak yang hanya dapat menampilkan data 2D.
Metode Rendering
Metode rendering yang paling sederhana dalam grafika 3D :
- Wireframe Rendering yaitu Objek 3D dideskripsikan sebagai objek tanpa permukaan. Pada wireframe rendering, sebuah objek dibentuk hanya terlihat garis-garis yang menggambarkan sisi-sisi edges dari sebuah objek. Metode ini dapat dilakukan oleh sebuah komputer dengan sangat cepat, hanya kelemahannya adalah tidak adanya permukaan, sehingga sebuah objek terlihat tranparent. Sehingga sering terjadi kesalahpahaman antara siss depan dan sisi belakang dari sebuah objek.
- Hidden Line Rendering metode ini menggunakan fakta bahwa dalam sebuah objek, terdapat permukaan yang tidak terlihat atau permukaan yang tertutup oleh permukaan lainnya. Dengan metode ini, sebuah objek masih direpresentasikan dengan garis-garis yang mewakili sisi dari objek, tapi beberapa garis tidak terlihat karena adanya permukaan yang menghalanginya. Metode ini lebih lambat dari dari wireframe rendering, tapi masih dikatakan relatif cepat. Kelemahan metode ini adalah tidak terlihatnya karakteristik permukaan dari objek tersebut, seperti warna, kilauan (shininess), tekstur, pencahayaan, dll.
- Shaded Rendering pada metode ini, komputer diharuskan untuk melakukan berbagai perhitungan baik pencahayaan, karakteristik permukaan, shadow casting, dll. Metode ini menghasilkan citra yang sangat realistik, tetapi kelemahannya adalah lama waktu rendering yang dibutuhkan.
0 komentar:
Posting Komentar