Kamis, 04 Juni 2015

Pemrograman Jaringan Dengan Menggunakan Bahasa Pemrograman Java

Berikut merupakan program pada Bahasa Pemrograman Java untuk menampilkan perintah-perintah yang biasa digunakan dalam jaringan.

1. Program untuk menampilkan IP Address

Code Program
















Output Program







Logika Program
Untuk listing program yang pertama ini digunakan untuk menampilkan IP Address yang ada pada komputer saya. Dimana penjelasan perintah java seperti berikut, untuk langkah yang pertama program akan mengimport java.net. Kemudian program membuat class dengan nama getIP, perintah yang selanjutnya program akan mendeklarasikkan InetAddress host benilai null kemudian host akan didapatkan dari nilai InetAddress host dan terakhir pada byte ip didapatkan nilai dari hostAddress. Langkah terakhir terdapat suatu perulangan for dimana di bagian ini akan terjadi pada saat variabel i bernilai 0, dan nilai variabel i lebih kecil dari IP jika kondisi ini terpenuhi maka nilai i akan bertambah.

2. Program untuk menampilkan nama komputer user

Code program










Output Program






Logika Program
Digunakan untuk mencetak host name dari komputer, dimana penjelasan dari program adalah sebagai berikut. Program awal akan menginport java.net, untuk program ini menggunakan nama class tg2. Selanjutnya masuk pada pendeklarasian dimana bagian pendeklarasian adalah InetAddress host = null; dan host = InetAddress.getLocalHost(); maksudnya adalah InetAddress host bernilai null dan host didapatkan dari nilai InetAddress pada localhost.Kemudian masukkan perintah yang digunakan untuk menampilkan host name dari komputer tersebut.

3. Program untuk menampilkan nama komputer user berdasarkan IP Address

Code Program



















Output Program







Logika Program
Program diatas digunakan untuk IP lokal dengan IP komputer yang lain dimana penjelasannya adalah berikut ini. Program akan menginport java.net dan masuk pada nama class yang dibuat yaitu IPtoName. Untuk program ini terdapat kondisi if dimana jika program nilainya lebih besar sama dengan 0 maka cetak nama pemakai dan IPtoName lalu program akan kembali ke semula dan program akan mendeklarasikkan String host yaitu 0 dan InetAddress address bernilai null. Kemudian program akan mengulang ke bagian address yang terdapat di InetAddress pada host kemudian apabila perulangan tersebut tidak terpenuhi maka akan mencetak invalid IP – malformed ip.
Untuk hasil output ini pada saat menjalankan program masukkan terlebih dulu IP Address, maka program akan mencetak nama komputer user.

4. Program untuk menampilkan IP Address berdasarkan nama komputer user

Code Program























Output Program






Logika Program
Pada aplikasi ini akan menampilkan NsLookup yaitu menampilkan host name dan ip address yang ada pada laptop saya. Untuk penjelasan dari program adalah sebagai berikut ini, program akan mengimport java.net kemudian program akan masuk ke dalam class program yang bernama NsLookup. Pada program utama ini akan mencetak Pemakai : Java NsLookup hostname kemudian aka mendeklarasikan String host adalah 0 dan InetAddress address bernilai null kemudian apabila host tidak dikenal maka akan tampil Unknown host. Untuk bagian listing byte ip nilainya didapat dari address lalu apabila i > 0 dan i
Untuk hasil output ini pada saat menjalankan program masukkan terlebih dulu nama komputer user, maka program akan mencetak IP Address.

5. Program Client Server Sederhana

Server

Code Program
 


Output Program









Logika Program
Listing program diatas merupakan listing untuk sebuah komputer yang dijadikan server dimana server sebagai pusat dari semua client. Saat program server berhasil untuk dijalankan maka akan muncul pesan “Aplikasi Server Hidup…”

Client

Code Program

















Output Program









Logika Program
Listing diatas merupakan listing untuk komputer yang dijadikan client, dimana aplikasi client ini akan mengirimkan pesan ke server & server akan membalas pesan dari client. Dan jika program dapat dijalankan dengan baik maka akan menghasilkan.

Program di atas terdapat merupakan sebuah program client dan server, pada bagian simple client bertujuan untuk memberikkan permintaan pada sebuah server untuk bagian simple server bertujuan untuk melayani permintaan dari server. Sehingga tujuan dari program ini adalah adanya sebuah interaksi antara client dan server.

1 komentar:

Dawud Tan mengatakan...

permisi gan, saya ada sedikit tulisan mengenai protokol websocket menggunakan bahasa java berikut gan: http://datacomlink.blogspot.co.id/2015/11/script-java-websocket-rfc-6455-server.html ditunggu feedback-nya ya gan, semoga menambah wawasan bersama.. terima kasih gan..

Posting Komentar