Jumat, 16 Maret 2012

Pengetahuan Dasar Ilmu Budaya Dasar

Pengertian Ilmu Budaya Dasar

        Secara sederhana Ilmu Budaya Dasar adalah pengetahuan yang diharapkan dapat memberikan pengetahuan dasar dan pengertian umum tentang konsep-konsep yang dikembangkan untuk mengkaji masalah-masalah manusia dan kebudayaan.
        Istilah Ilmu Budaya Dasar dikembangkan di Indonesia sebagai pengganti istilah Basic Humanitiesm yang berasal dari istilah bahasa inggris "The Humanities". Adapun istilah HUmanities itu sendiri berasal dari bahasa Latin humanus yang bisa diartikan manusia, berbudaya, dan halus. Dengan mempelajari the humanities diandaikan seseorang akan bisa menjadi lebih manusiawi, lebih berbudaya dan lebih halus. Dengan demikian bisa dikatakan bahwa the humanities berkaitan dengan nilai-nilai manusia sebagai homo humanus atau manusia berbudaya. Agar supaya manusia bisa menjadi humanus, mereka harus mempelajari ilmu yaitu the humanities disamping tidak meninggalkan tanggungjawabnya yang lain sebagai manusia itu sendiri.

Tujuan Ilmu Budaya Dasar


         Tujuan dari mempelajari IBD adalah agar seseorang memiliki pengetahuan dasar dan memahami konsep-konsep yang mengkaji masalah antara manusia dengan kebudayaan. Untuk bisa mencapai tujuan tersebu maka diperlukan belajar IBD agar :
  1. Mengusahakan kepekaan mahasiswa terhadap lingkungan budaya, sehingga mereka lebih mudah menyesuaikan diri dengan lingkungan yang baru, terutama untuk kepentingan profesi mereka
  2. Memberi kesempatan kepada mahasiswa untuk memperluas pandangan mereka tentang masalah kemansiaan dan budaya serta mengembangkan daya kritis mereka terhadap persoalan-persoalan yang menyangkut kedua hal tersebut.
  3. Mengusahakan agar mahasiswa, sebagai calon pemimpin bagnsa dan Negara serta ahli dalam bidang disiplin masing-masing tidak jatuh ke dalam sifat-sifat kedaerahan dan pengkotakan disiplin yang ketat
  4. Mengusahakan wahana komunikasi para akademisi agar mereka lebih mampu berdialog satu sama lain. Dengan memiliki satu bekal yang sama, para akademisi diharapkan akan lebih lancer dalam berkomunikasi.


Ilmu Sosial Dasar


        Suatu pengetahuan yang menelaah masalah - masalah sosial yang timbul dan berkembang, yang diwujudkan oleh masyarakat dengan menggunakan pengertian - pengertian yang berasal dari berbagai bidang pengetahuan dalam ilmu - ilmu social.
         Hubungan Ilmu Sosial Dasar dengan Ilmu Budaya Dasar adalah sama-sama berhubungan dengan namanya manusia tetapi jika IBD berkaitan dengan budaya itu sendiri kalau ISD itu berinteraksi dengan manusianya langsung.

Perbedaan IBD dengan ISD

          Perbedaan IBD dengan ISD adalah dalam ruang lingkupnya. IBD ruang lingkupnya lebih mengarah atau membahas kepada masalah atau hubungan antara manusia dengan kebudayaan sedangkan ISD lebih mengarah atau membahas masalah kegiatan sosial yang terjadi didalam masyarakat, konsep tentang kenyataan sosial.

Ruang Lingkup Ilmu Budaya Dasar

Ruang lingkup IBD terdiri atas dua masalah pokok. diantaranya:
  1. aspek kehidupan
  2. hakekat manusia.
berdasarkan dua pokok masalah diatas manusia menempati posisi yang sangat sentral. manusia disini bertindak sebagai obyek penelitian. penelitian tentang hubungan manusia dengan alam, dengan sesama manusia dan manusia dengan tuhan sehingga pokok bahasan yang di kembangkan adalah:
  1. Manusia dan cinta kasih
  2. Manusia dan Keindahan
  3. Manusia dan Penderitaan
  4. Manusia dan Keadilan
  5. Manusia dan Pandangan hidup
  6. Manusia dan tanggungjawab serta pengabdian
  7. Manusia dan kegelisahan
  8. Manusia dan harapan
kedelapan pokok bahasan itu termasuk dalam karya-karya yang tercakup dalam pengetahuan budaya. tapi ada satu hal yang perlu diingat Ilmu Budaya Dasar bukan ilmu sastra,ilmu tari, ilmu filsafat dan segala ilmu-ilmu yang ada dalam pengetahuan budaya. Ilmu Budaya Dasar hanya mempergunakan karya-karya yang ada dalam pengetahuan budaya dasar untuk mendekati masalah-masalah kemanusian dan budaya.

Sumber : http://elearning.gunadarma.ac.id/docmodul/index-ilmu_budaya_dasar.htm

0 komentar:

Posting Komentar